Selasa, 22 September 2015

Ekonomi Koperasi

Kopkar Persat

-Koperasi Karyawan Pertamina Kantor Pusat-


kopkarpersat

SEJARAH SINGKAT KOPKAR PERSAT

KOPKAR PERSAT berdiri pada tahun 1988 sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Koperasi DKI Jakarta Tentang Pengesahan Koperasi sebagai Badan Hukum Nomor : 218/BLP/VII/1988 tanggal 5 Juli 1988 dan Akta Pendirian dengan nomor 2258/B.W/I.- yang ditandatangani olehNotaris Endang Lestari Gurnitowati S.H. pada tanggal 5-7-1988. Pada awal pendirian nama yang dipergunakan dalam akta pendirian adalah Koperasi Pegawai Pertamina Kantor Pusat atau disingkat KOPERSAT yang beralamat di Jl. Perwira No. 2-4 Jakarta Pusat.

Selanjutnya pada tanggal 31 Maret 1997 berdasarkan Akta Perubahan Anggaran Dasar KOPERSAT Nomor : 101/BH/PAD/KWK.9/III/1997 Koperasi Pegawai Pertamina Kantor Pusat (KOPERSAT) berganti nama dan tempat kedudukan menjadi Koperasi Karyawan Pertamina Kantor Pusat di singkat KOPKAR PERSAT yang berkedudukan di Jl. Kramat Raya No. 19, Kramat Senen Jakarta Pusat. Pada tahun 2000 berdasarkan Akta Perubahan KOPKAR PERSAT No. 042/PAD/KDK.9.1/VIII/2000 tanggal 10 Agustus 2000, tempat kedudukan KOPKAR PERSAT kembali ke Jl. Perwira No. 2-4 Jakarta Pusat hingga saat ini. Seiring waktu perjalan KOPKAR PERSAT terus bekerja dan berupaya untuk mewujudkan koperasi yang mandiri dan maju, melalui unit-unit usaha yang dikelola oleh KOPKAR PERSAT.


FUNGSI DAN PERAN KOPERASI

  1. Koperasi berfungsi untuk membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi sosial.
  2. Koperasi berperan untuk :
    • Secara aktif meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
    • Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai kekuatan ketahanan perekonomian nasional dan koperasi sebagai sokogurunya
    • Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha berdasarkan atas azaz kekeluargaan dan demokarasi ekonomi.
  3. Koperasi bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan angggota pada khsusnya dan masyarakat pada umumnya.

Visi

"MENJADI KOPERASI KEBANGGAAN ANGGOTA DAN MASYARAKAT"

Misi

"MENJALANKAN USAHA SECARA PROFESIONAL DAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA"

Bidang Usaha

  • Simpan Pinjam
  • Unit Usaha warung Serba Ada (Waserda)
  • Lapangan Golf
  • Produk Migas
  • Properti
  • Tenaga Kerja
  • Asuransi
  • Bengkel Mobil
  • Dealer Mobil-Motor
  • Tour & Travel

Afiliasi/Mitra Usaha

  1. Pertamina Dana Ventura
  2. PT. Pertamina
  3. Pondok Cabe Golf
  4. Toyota Auto 2000
  5. Asuransi Bina Griya
  6. PT. Pazia Pillar Mercycom
  7. PT. Neohaus Indonesia

Kesimpulan

Kopkar Persat ini merupakan Koperasi yang sudah didirikan sejak tahun 1988 dibawah naungan PT. Pertamina, koperasi ini diawali dengan menyediakan fasilitas simpan pinjam serta mendirikan waserda untuk memenuhi kebutuhan karyawan, selain mengembangkan dan ikut memasarkan produk migas, koperasi ini juga membangun hubungan kerja sama di bidang entertaint, otomotif, asuransi, dan retail market. Menurut saya, berdasarkan dari usaha yang dijalankan serta relasi dengan mitra usaha yang ikut berpartisipasi, koperasi ini terbilang kreatif dalam melengkapi kebutuhan karyawannya dengan beberapa contohnya yaitu refreshing untuk karyawan di lapangan golf dan sarana asuransi untuk jaminan hari tua.

Sumber ?

(Klik Animasinya !!!)

the belkan war

Tidak ada komentar:

Posting Komentar